Musica

hit counter

13 Februari 2009

Memperbaiki Motherboard yang Rusak (Gejalanya)


Papan induk (motherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti microprocessor dan memory (RAM, ROM, BIOS) beserta chip kontroler lainnya dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Oke Langsung aza ya! gejala dan cara mengatasi motherboard yang rusak :
Mati Total
Periksa power supply: Dalam keadaan kabel power di lepas dari power supply, lepaskan socket kabel Atx1 yang terpasang pada Mainboard. Setelah terlepas, pasangkan kembali kabel power, sambungkan/shortkan kabel berwarna hijau dengan kabel berwarna hitam, periksa apakah kipas di power supply berputar? Kalau berputar berarti power supply bagus. Lepas kembali kabel sambungan tadi dan pasang kembali kabel Atx1 ke motherboard.
Periksa Jumper Clear CMOS, apakah di posisi Clear atau Free, biasanya kalau motherboard baru, posisi jumper CMOS ada pada posisi Clear.
Periksa IC Chipset dalam keadaan tersambung dan di Switch On, apakah panasnya berlebih atau tidak, over heat berarti Chipset tersebut sudah rusak. Untuk part IC CMOS sampai saat ini tidak dijual bebas.
Periksa juga apakah switch on nya berfungsi.
Bongkar Motherboard tersebut secara hati-hati, coba anda bersihkan pakai tiner, kalau bisa gunakan tiner botol jangan yang di kaleng. Setelah bersih anda keringkan.
Ganti IC regulator yang terletak disekitar soket Power Atx di motherboard.
Ganti Elko yang kapasitasnya 1000 s/d 3300 uf / 10 Volt yang terletak disekitar soket power Atx di motherboard. Hati-hati untuk bongkar pasang komponen pastikan kabel power jangan tersambung ke listrik.
Nyala Tapi Tidak Tampil
Coba anda perhatikan dan dengarkan apakah ada bunyi atau suara bip. Kalau ada, kerusakan biasanya ada di processor, memory dan VGA.
Periksa Processor, coba anda pegang pendinginnya apakah panasnya berlebih atau dingin? Kalau panas berlebih berarti kipas processor tidak bekerja dengan baik maka anda ganti, tapi kalau dingin berarti processor tidak bekerja alias rusak.
Periksa memory, biasanya kalau memory rusak terdengar suara bip pada speaker sebanyak 3 kali. Dalam keadaan mati, cabut memory bersihkan pinnya menggunakan penghapus pensil sampai bersih, kemudian pasang kembali. Kalau masih rusak berarti ada salah satu IC nya yang rusak.
Periksa VGA Card, cabut VGA Card, dalam keadaan mati / off coba anda tekan, ada kemungkinan kurang masuk atau coba anda bersihkan kaki / pin nya. Jika VGA card menggunakan kipas, bersihkan kipas tersebut.
Kalau masih tidak tampil coba anda periksa jangan-jangan monitornya yang tidak nyala, untuk memastikannya yang rusak monitor atau CPU, coba anda tekan tuts Numlock pada keyboard, apakah lampu Numlock-nya nyala atau tidak. Kalau nyala berarti kerusakan pada CPU.
Yang menjadi standar saya kalau memperbaiki Komputer, saya selalu membersihkannya dari debu, apakah itu motherboard, memory, cdrom, floppy disk, dll, karena hal tersebut sangat berpengaruh apa lagi kalau komputernya dalam keadaan kotor / lama tidak dibersihkan. Tapi anda harus hati-hati dalam pengerjaannya dan jangan terburu-buru.

Hang Dan Sering Mati / Merestart (Reset) Sendiri
Periksa Power Supply, coba pakai power supply yang lain apakah masih me-restart sendiri atau hang. Kalau setelah diganti power supply ternyata normal/ bagus, berarti power supply ada masalah. Ganti saja karena kalaupun bisa diperbaiki saya sendiri kurang yakin apakah masih bisa berfungsi dengan baik, karena power supply merupakan komponen yang sangat vital. Apalagi untuk saat ini harga power supply sanggat murah, saya sarankan ganti saja.
Periksa apakah ada virusnya, program anti virus harus selalu terpasang dan aktifkan auto protect nya. Saya biasa memakai Norton Anti virus. Anda harus sering meng-update antivirus anda karena bila ada virus varian baru, anti virus anda akan mendetect sekaligus menghilangkan virusnya.
Pada saat hang dan ada pesan blue screen seperti “eror vxd at address…”, biasanya ada masalah di memory. Bersihkan memory tersebut seperti langkah diatas.
Coba anda install ulang Windows.
Kalau masih hang / me-restart sendiri coba anda periksa di motherboard, anda perhatikan perubahan fisik komponen terutama elko/kapasitor, yang bentuknya bulat hitam ada tulisan kapasitasnya antara 1000 uf/10Volt s/d 3300 uf/10 volt, biasanya terlihat, kalau yang rusak terlihat kembung / bengkak dan mengeluarkan cairan atau karat.
CMOS Checksum Failure (Baterai Low)
Gejala kerusakan & Solusinya :
Muncul pesan CMOS failure (Kerusakan pada baterai CMOS, ganti baterai tersebut)
Seting tanggal, time dan konfigurasi lain di BIOS berubah (Setelah baterai diganti, lakukan setting ulang pada BIOS).

257 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 257 dari 257   Lebih baru›   Terbaru»

masss maaf ikut gabung,,,and mo ikut ngerepotin,,,,,,,sy mo tnya...pc sy udah di trun up,,,tapi mouse ama kybord ttp nyala,,,knpa yh,,,pdahal cpu udah mati,,,oh ea lampu pwr idup trusss....mksh atas jwbnnya

gan punya saya gak bisa nyala setelah saya lepas semua kabel dan prosesornya,tapi setelah itu saya pasng lagi semuanya dengan benar,itu gmna ya..?tolong solusinya

salam kenal mas.. saya punya mobo asus P5G41T-M LX3 baru tiga bulan saya pakai udah tidak bisa nyala lagi alias dilayar monitor tidak tampil tapi kipas prosescor ada jalan mohon pencerahannya trims. by. ilyas…

mas ari mau tanya.....
1. komp saya mau nyala tapi tidak bunyi beep dan tidak ada tampilan pada monitor.

2. pada awal saya pencet switch power, komputer menyala namun untuk mematikan komputer switch power tidak berfungsi sama sekali. jadi untuk mematikan komputer saya harus melepas kabel power komputer.

3. untuk RAM sudah saya bersihkan n sudah saya ganti dengan komputer yg sma n bgus
4. sudah saya reset cmosnya

tp tidak ada yg berhasil,,

di posting mas ada tulisan "Kalau masih tidak tampil coba anda periksa jangan-jangan monitornya yang tidak nyala, untuk memastikannya yang rusak monitor atau CPU, coba anda tekan tuts Numlock pada keyboard, apakah lampu Numlock-nya nyala atau tidak. Kalau nyala berarti kerusakan pada CPU."

nah sudah saya coba tp lmpu numlock saya tidak menyala,,

mhon bntuannya mas,,
mobo saya tipe P4M890-M7 TE
produk BIOSTAR..

mas saya mau tanya, knp y komputer saya gag mau nyala kalau pin/soket powersupply dipasangkan ke motherboard yg tulisannya cpu fan?tp kalau dilepas pin/soketnya malah nyala?ini smua dalam keadaan terpasang?apakah motherboardnya yg rusak?

Saya mo nanya bos
Kondisi komp saya hidup tapi ga tampil kemonitor
dan setelah saya resset jamper bios komp hidup dan saya set tanggalnya, tp setelah setingan bios saya simpan dan komp melakukan booting ulang, kondidinya kembali keawal, hidup tapi ga tampil lg kemonitor.
Mohon pencerahan

kompi saya klo di shutdown kemudian dinyalakan lagi cuma nyala kipas sebentar trus mati lagi nyala lagi mati lagi terus ky gitu sampai kbl power dicabut kemudan dipasang baru bisa dinyalakan normal.
Klo direstart normal.
Apakah permasalahan ada di PSU atau mobo ? tlng bantuannya.

mas mo tanya nih, pc saya kl diidupin trs di pake sampe bbrp jam kmd mati sendiri hbs tu kl diidupin kembali gk mau idup keluar tulisan boot failure, dah tak ganti ram sama HD msh tetap sama tp kl diinstal ulang lg bisa idup lg tp ntar kyk gitu lg, kira2 apa yg rusak ya mas ? makasih

Permisi mas mau nanya....aku ada motherboard agak aneh nih. kalau pasang power jatx1 saja (power jatx 2 gak di pasang)mobox bisa nyala. akan tetapi bila kabel power jatx1 dan jatx2 di pasang semua, seketika mobo ada respon sebentar trus lsng mati. Mohon mas solusix

Salam,
udhienk.xl@gmail.com

computer saya terkadang bisa hidup terkadang sulit untuk di hidupakan(mati) saat tindis power tidak mau hidup,,hanya lampu keybord yg menyalah,..tetapi terkadang seperti normal,ketika tindis power komputer hidup normal dan bisa pake hingga ber jam2,terkadang jugacomputer mati mendadak,ketika coba dihidukan lagi computer tidak hidup,nanti menunggu berjam2 baru ketika di hidupkan computer bisa hidup dan di saat computer di matikan hingga berjam2,,ketika mau di hidupkan lagi sulit untuk di hidupkan,hanya lampu keybord yg menyalah,,lampu led,fan tidak hidup…ketika di diamin sebentar dalam kondis power sudah di tindis sebelumnya computer hidup dengan sendirinya.dan bisa pakai secara normal hingga ber jam2,tetapi juga memang tidak bisa hidup,…binggung nihh,,padahal saya sudah ganti powersuplay,hardisk,casing,kipas pendingin prosesor,batrey cmos,…bantu doangggg,,,,,,??help me..???

computer saya terkadang bisa hidup terkadang sulit untuk di hidupakan(mati) saat tindis power tidak mau hidup,,hanya lampu keybord yg menyalah,..tetapi terkadang seperti normal,ketika tindis power komputer hidup normal dan bisa pake hingga ber jam2,terkadang jugacomputer mati mendadak,ketika coba dihidukan lagi computer tidak hidup,nanti menunggu berjam2 baru ketika di hidupkan computer bisa hidup dan di saat computer di matikan hingga berjam2,,ketika mau di hidupkan lagi sulit untuk di hidupkan,hanya lampu keybord yg menyalah,,lampu led,fan tidak hidup…ketika di diamin sebentar dalam kondis power sudah di tindis sebelumnya computer hidup dengan sendirinya.dan bisa pakai secara normal hingga ber jam2,tetapi juga memang tidak bisa hidup,…binggung nihh,,padahal saya sudah ganti powersuplay,hardisk,casing,kipas pendingin prosesor,batrey cmos,…bantu doangggg,,,,,,??help me..???

MAO nanya nihmas kalo cmosnya ngak mau save mobonya winsonic1100 padahal battrey cmos udah dua kali ganti yang baru? makasih agan agan tunggu jawabanya

gan, numpang tanya neh....
kompi saya mati total, PSUnya baru ganti tapi ga hidup.
klo dilihat kaya aliran listriknya ga masuk ke PSU dan PSU ga bisa membagikan alirannya ke MOBO....
mohon pencerahannya ya agan...
ke email saya aja : Faucie_08@yahoo.co.id

terimakasih

Mas salam kenal, saya punya mainboard a880gm-m7 v 2.0 rusak, sudah saya cek power, prosesor,ram semuanya bagus, masalahnya kalau saya hidupkan sama sekali gak nyala, tapi kalau kabel atx yang 12v. nyala kira-kira apanya ya? mohon pencerahannya dan tolong bls di emailku joely80@gmail.com terima kasih sebelumnya.... Juli

boleh nanya mas
waktu komputer saya dinyalakan, lampu indikator di motherboardnya warna merah terus trus di lcdnya ga muncul apa apa

gimana betulinnya ya mas?
tolong dijawab

Assalamu 'alaikum wr.wb.
lamkenal bos ane alam
ane punya kasus beberapa main board ane gak bisa ndeteksi ram jadi pada saat dipasang ram bunyi beepnya seperti ram tidak terpasang / seperti ramnya rusak beberapa ram sudah dicoba tp hasilnya sama, socket ram dah bersih N dipres ulang,

MOHON PENCERAHAN, TERIMAKASIH.

wassalamu 'alaikum wr.wb.

motherboard drop ketika kabel power atx dimasukan ke soket

mother Punyaku ngga bisa nyala..padahal tekan tombol power listrikx masuk n van processornya berfungsi (ngga ada suaru bip-nya)...udah di bersihkan RAMx, motherboardx tpi sampe 4 bulan ini ngga nyala yach..

bolh minta solusix gan????

ingat...sewaktu anda membuka atau melakukan servis pada komputer,lebih baik anda memastikan bahwa sudah tidak ada lagi sisa arus listrik pada cpu anda, dengan cara :
setelah anda mencabut semua kabel arus listrik, termasuk cabel vga, tekanlah tombol power selama +/- 5 detik..agar tidak terjadi short pada saat komponen bersentuhan.

komputer saya bila dinyalakan lampu led power nyala terus mati nyala lagi mati lagi dan begitu seterusnya tanpa ada tampilan dulu ke monitor

Assalamu alaykum.kompi P4 saya rusak pada mobonya kalau di colokkan ke listrik kipas power supply,kipas CPU&lampu hijau yg di mobo hidup tanpa menekan tombol power tapi lampu LED&lampu tombol power mati.tolong pencerahannya...!thanks,jazaaka Allohu wa Assalam.

Para master aku punya motherboard ASUS P5KPL-AM-SE, matot alias mati total. Wktu dinyalain cuman fan prosesor aja yg muter. Proses clear CMos dah gak ada hasil. Mohon pencerahannya. Ram dilepas terus dinyalain gak ada bunyi beep . Pencerahannya para master.

motherboard ASUS P5KPL-AM-SE, dinyalain cuman fan prosesor aja yg muter. Proses clear CMOS dah dilakukan gak ada hasil kalo Ram dilepas gak bunyi beep. Mohon pencerahannya para master.

mas ngadu nih,psgc-mx/1333 say a nyala cpunya, monitor ama kibort ngak ada reaksi(ngak nyala) semua saran dan petuah sudah saya kerjakan.satu persatu udah saya bongkar dari vga,ram,sampai prosesornya udah saya cuci.tetap aja layar sama kibort mati, tolong ya mas bantu saya ngidupin lagi mobo ku,mathur suwun atas jalan keluarnya

Mau tanya Mas Bro, PC ane ga bisa masuk Bios, semua sdh ane coba, mulai dari Clear Cimos, ganti batrei cmos, ganti memori, hingga Mobo dicuci tetap aja ga bisa ga masuk BIOS

mas kalo cpu tanpa menori n btre cmos biasanya kan bunyi bip.kalo gk bunyi tu apany y mas?

makasih gan infonya bermanfaat banget

ane mau nanya pak,, ane punya mainboar ASUS P5KL-AM SE
Usb nya egk bisa detec.. setingan di bios nya sudah enable.
kira kiraa apa yg hrus ane lakukan pak, mohon bantuan nya paktrimakasih..

ane mau nanya pak,, ane punya mainboar ASUS P5KL-AM SE
Usb nya egk bisa detec.. setingan di bios nya sudah enable.
kira kiraa apa yg hrus ane lakukan pak, mohon bantuan nya paktrimakasih..

Gan kalau di motherboard gk ada jumper2 nya gk bisa hidup yah gan?

MOHON BANTUANNYA
MOBO GIGABIT H55M S2H
PROCI CORE I3
RAM GESKILL

SETELAH DIHIDUPKAN 2-3 HARI TIBA2 SERING MENGALAMI LAYAR BERKEDIP GANTI2 WARNA... DAN PC LANGSUNG MATI..... SAYA COBA SAYA HDP KAN TANPA PEMAKAIAN APLIKASI CM DIPANJER. SAMA SAJA SELANG BEBERAPA MENIT LAYAR KEDAP-KEDIP LALU PC MATI DAN HARUS DIHIDUPKAN ULANG.... MOHON SOLUSINYA

Gan saya mau tanya kenapa hardisk sata saya baru berputar setelah dicabut lalu dipasangkan lagi psu sudah saya coba tukar tukar lalu hardisk pun sudah saya coba dibuka dilaptop dan hasilnya normal. Tapi setelah saya masukan lagi pada pc kejadianya seperti itu terus. Setiap mau dinyalakan harus dicabut ulang kabel power ke hardisknya. Baru berputar dan bisa terdeteksi kembali. Mohon pencerahannya gan

hallo mas mau tanya.. laptop saya HP 432, gejalanya sering mati sendiri padahal baru 2 hari lalu di bersihkan ventilasi udara dan fannya serta komponen lainnya bahkan telah di beri pasta baru juga.. tolong sarannya, thank you :)

maaf bang, mau tanya... laptop gw asus eepc 1215b warna silver (lupa detailnya). gw pake terus tiap hari, udah hampir 4 tahun ini. sekarang gak bisa start up, tp hardisk, kipas, led power nyala. udah gw bongkar trus gw pasang lagi. pake perbaikan mode trial n error juga. yg lain bisa fungsi normal. cuma terakhir yg belum gw cek itu batre cmos... pas googling kyknya emang bisa jadi masalah disitu. cuma yg bikin gw kuatir itu, katanya batre cmos yg sudah rusak bisa ngefek ke kerusakan motherboard. kalo iya gimana cara ngecek kerusakan motherboard yg disebabkan sama cmos bang? thanks buat sarannya. maaf agak panjang...

Gan mau nanya nih kan heatsink procie jalan mobo jalan tapi ko ga tampil di monitor ya gan biasanya ada suara bep pandek satu kali kqn langsung jalan tapi ini malah ngga ada sama sekali tapi mobo jalan , apakah ini berkaitan dengan harus di gantinya elco si mobo dan misalkan ganti elco kan elco saya bertegangan 1000 uf 6.3 volt dan jika lebih dari itu kapasitas kapsitor apa bakalan kenapa napa gan ok gan terimakasih

Gan mau nanya nih kan heatsink procie jalan mobo jalan tapi ko ga tampil di monitor ya gan biasanya ada suara bep pandek satu kali kqn langsung jalan tapi ini malah ngga ada sama sekali tapi mobo jalan , apakah ini berkaitan dengan harus di gantinya elco si mobo dan misalkan ganti elco kan elco saya bertegangan 1000 uf 6.3 volt dan jika lebih dari itu kapasitas kapsitor apa bakalan kenapa napa gan ok gan terimakasih

Mas saya abis ganti motherboard baru dan prossesor baru dan ram baru tetapi pas saya hidupkan cuma sebentar lalu mati lagi dan hidup lagi mati lagi...klo itu knapa ya gaan,,,..

Respon fast

Perhatian :::::

Kami adalah bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien,
dinamis dan cepat terpercaya, bekerja sama pemodal untuk real estate dan segala jenis pembiayaan usaha
kami mengeluarkan pinjaman jangka panjang
Kami menawarkan jenis pinjaman dan banyak lagi:

Pinjaman Pribadi (pinjaman tanpa jaminan)
Pinjaman Bisnis (pinjaman tanpa jaminan)
Pinjaman konsolidasi
Kombinasi kredit
Perbaikan rumah
Silakan, jika Anda suka dan minat dalam penawaran keuangan kami,
Silahkan hubungi kami
melalui e-mail: elitegrouploan@gmail.com

Mas. Ari tolongin saya. Komputer saya rusak saat maen pes 2016 tiba2 bleng diem aja. Nggak bisa di apain. Lalu saya paksa matikan komptrnya. Satu hari kemudian saya nyalakn lagi bgus awalnya, tpi kekudian heng lagi, saya mtikn paksa lgi. Pas d hudupin lagi nggak tampil di monitor sampe skrang , tpi cpu nyala dan nggak ada suara yang mencolok. Kira2 sya harus ganti apanya. Prosesr AMD ddr2 kalau nggak slah 2.60 GZh. Ram 2 gb. Vga 550 kalau nggak slah, mainboardnya sala nggak tau mas. Tolong ya mas .. arahannya

gan tolong info ny dong.
ram memori saya gosong jdi gimna cara memperbaiki ny
jenis komputer intel pentium 4 monitor tabung windows xp

mas, kom saya gak booting, setelah saya baca artikel mas, semuadah saya coba tapi tetap aja gak nampil, ram dah saya ganti baru, vga baru power suplay baru, bios dah di resert, tetap juga gak nampil, apa masalahnya ya

mas. kom saya gak booting, apa masalahnya ya, semua artikel dah saya baca dan dah saya praktikan, tp tetap juga gak bot, ram, vga, power suplay baru, bios pun dah saya resert tapi tetap juga gak bisa, tolong solusinya

interesting blog. It would be great if you can provide more details about it. Thanks you.
123 HP DJ 4720 Setup

Mas Ari numpang tanya nih!!

Komputer ane itu saat dinyalain CPU nya hidup tapi di monitor malah ada tulisan kayak "motherboard" gitu....!! Solusi bang!!


Butuh cepat!!

Sama gan saya juga. Masih menunggu jawaban

Kalo pc type ini tidak mau masuk booting atau menghidupkan manual dari mainboard ga bisa kenapa ya ??

Okeeey
https://cody.id/produk/blower-infrared/



CODY***GARANSI SELAMANYA***
== HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH ==
=== jASA SERVICE YG PASTI LEBIH CEPAT ===

makasih sudah share min ,
https://www.tokopedia.com/codyonline/etalase/power-supply-hp



CODY***GARANSI SELAMANYA***
+ HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH +
+JASA SERVIS YG PASTI LEBIH CEPAT +

makasih udah share infonya, untuk alat service nya pakai ini ya
solder uap

Mas numpang nanya.
Komputer saya nyala terus setelah beberapa menit komputer nya mati lagi
Dan saya coba nyalakan,komputer nya tidak nampil di monitor.dan saya nunggu beberapa menit komputer nya nyala dan hasilnya masih sama kaya di atas.
Mohon Solusinya mas

"Bermanfaat sekali jangan lupa mampir ya buat yang suka main togel, casino dan casino online disini tempat terbaiknya

LEO4D = leo4d55.com

Dapatkan promo menarik di beberapa bandar togel, casino dan casino online pilihan kamu sekarang!
- Cashback Togel 5%
- Cashback casino 5%

Rollingan Besar yang selalu menanti untuk kamu sekarang Coba keberuntungan kamu disini
- Rollingan Casino 0.7%

Dapatkan diskon spesial togel dan hadiah tinggi yang menanti untuk kamu sekarang juga!
- Diskon Togel 2D = 29% Hadiah x70
- Diskon Togel 3D = 59% Hadiah x400
- Diskon Togel 4D = 66% Hadiah x3000

Semua game ada disini :
Agen Togel, Agen Togel Aman, Agen Togel Terpercaya, Agen Togel Online, Bandar Togel, Bandar Togel Online, Bandar Togel Terpercaya,
Bandar Togel Aman, Situs Togel, Situs Togel Online, Situs Togel Terpercaya, Situs Togel Aman, Togel Online, Togel Online Aman,
Togel Online Terpercaya, Togel Online Terbaik,Agen casino, Agen casino Online, Agen casino Terpercaya, Agen casino Aman,
Bandar casino, Bandar casino Aman, Bandar casino Terpercaya, Bandar casino Online, Situs casino, Situs casino Online,
Situs casino Terpercaya, Situs casino Aman, Situs casino Terbaik, Agen Casino, Agen Casino Online, Agen Casino Aman, Agen Casino Terpercaya,
Bandar Casino, casino Online, Casino Online, Bandar Casino Terpercaya, Bandar Casino Terbaik, Bandar Casino Aman,
Situs Casino Online, Situs Casino Terpercaya, Situs Casino Aman, Situs Casino Indonesia.

Kami tunggu Kehadirannya Ya Pasti Menang Berapapun Kami Bayar !!!"

mas mau tanya kok komputer ku nyetrum ia?.... begitu di nyalakan hidup tapi kok nyetrum nya kuat amat saya bongkar saya bersihkan tapi masih nyetrum dalam ke adaan belum saya pasang saya colokan powersuplay nya terus saya hidupkan saya pegang nyetrum kuat sekali solusinya gimana ia mohon pencerahan nya TRIMAKASIH

«Terlama ‹Lebih tua   201 – 257 dari 257   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Jika ada penulisan yang salah atau kata kata yang menyinggung di situs ini, saya ARI sebagai pemilik sekaligus pengelola BLOG memohon maaf yang sebesar²nya, semua tulisan hanyalah opini yang muncul secara spontan menanggapi kejadian yang ada disekitar kita.

Semua artikel dan atau tulisan yang ada disitus ini boleh dicopy dan atau diperbanyak dengan syarat mencantumkan asal/sumbernya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More