Musica

hit counter

13 Februari 2009

Memperbaiki Motherboard yang Rusak (Gejalanya)


Papan induk (motherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti microprocessor dan memory (RAM, ROM, BIOS) beserta chip kontroler lainnya dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Oke Langsung aza ya! gejala dan cara mengatasi motherboard yang rusak :
Mati Total
Periksa power supply: Dalam keadaan kabel power di lepas dari power supply, lepaskan socket kabel Atx1 yang terpasang pada Mainboard. Setelah terlepas, pasangkan kembali kabel power, sambungkan/shortkan kabel berwarna hijau dengan kabel berwarna hitam, periksa apakah kipas di power supply berputar? Kalau berputar berarti power supply bagus. Lepas kembali kabel sambungan tadi dan pasang kembali kabel Atx1 ke motherboard.
Periksa Jumper Clear CMOS, apakah di posisi Clear atau Free, biasanya kalau motherboard baru, posisi jumper CMOS ada pada posisi Clear.
Periksa IC Chipset dalam keadaan tersambung dan di Switch On, apakah panasnya berlebih atau tidak, over heat berarti Chipset tersebut sudah rusak. Untuk part IC CMOS sampai saat ini tidak dijual bebas.
Periksa juga apakah switch on nya berfungsi.
Bongkar Motherboard tersebut secara hati-hati, coba anda bersihkan pakai tiner, kalau bisa gunakan tiner botol jangan yang di kaleng. Setelah bersih anda keringkan.
Ganti IC regulator yang terletak disekitar soket Power Atx di motherboard.
Ganti Elko yang kapasitasnya 1000 s/d 3300 uf / 10 Volt yang terletak disekitar soket power Atx di motherboard. Hati-hati untuk bongkar pasang komponen pastikan kabel power jangan tersambung ke listrik.
Nyala Tapi Tidak Tampil
Coba anda perhatikan dan dengarkan apakah ada bunyi atau suara bip. Kalau ada, kerusakan biasanya ada di processor, memory dan VGA.
Periksa Processor, coba anda pegang pendinginnya apakah panasnya berlebih atau dingin? Kalau panas berlebih berarti kipas processor tidak bekerja dengan baik maka anda ganti, tapi kalau dingin berarti processor tidak bekerja alias rusak.
Periksa memory, biasanya kalau memory rusak terdengar suara bip pada speaker sebanyak 3 kali. Dalam keadaan mati, cabut memory bersihkan pinnya menggunakan penghapus pensil sampai bersih, kemudian pasang kembali. Kalau masih rusak berarti ada salah satu IC nya yang rusak.
Periksa VGA Card, cabut VGA Card, dalam keadaan mati / off coba anda tekan, ada kemungkinan kurang masuk atau coba anda bersihkan kaki / pin nya. Jika VGA card menggunakan kipas, bersihkan kipas tersebut.
Kalau masih tidak tampil coba anda periksa jangan-jangan monitornya yang tidak nyala, untuk memastikannya yang rusak monitor atau CPU, coba anda tekan tuts Numlock pada keyboard, apakah lampu Numlock-nya nyala atau tidak. Kalau nyala berarti kerusakan pada CPU.
Yang menjadi standar saya kalau memperbaiki Komputer, saya selalu membersihkannya dari debu, apakah itu motherboard, memory, cdrom, floppy disk, dll, karena hal tersebut sangat berpengaruh apa lagi kalau komputernya dalam keadaan kotor / lama tidak dibersihkan. Tapi anda harus hati-hati dalam pengerjaannya dan jangan terburu-buru.

Hang Dan Sering Mati / Merestart (Reset) Sendiri
Periksa Power Supply, coba pakai power supply yang lain apakah masih me-restart sendiri atau hang. Kalau setelah diganti power supply ternyata normal/ bagus, berarti power supply ada masalah. Ganti saja karena kalaupun bisa diperbaiki saya sendiri kurang yakin apakah masih bisa berfungsi dengan baik, karena power supply merupakan komponen yang sangat vital. Apalagi untuk saat ini harga power supply sanggat murah, saya sarankan ganti saja.
Periksa apakah ada virusnya, program anti virus harus selalu terpasang dan aktifkan auto protect nya. Saya biasa memakai Norton Anti virus. Anda harus sering meng-update antivirus anda karena bila ada virus varian baru, anti virus anda akan mendetect sekaligus menghilangkan virusnya.
Pada saat hang dan ada pesan blue screen seperti “eror vxd at address…”, biasanya ada masalah di memory. Bersihkan memory tersebut seperti langkah diatas.
Coba anda install ulang Windows.
Kalau masih hang / me-restart sendiri coba anda periksa di motherboard, anda perhatikan perubahan fisik komponen terutama elko/kapasitor, yang bentuknya bulat hitam ada tulisan kapasitasnya antara 1000 uf/10Volt s/d 3300 uf/10 volt, biasanya terlihat, kalau yang rusak terlihat kembung / bengkak dan mengeluarkan cairan atau karat.
CMOS Checksum Failure (Baterai Low)
Gejala kerusakan & Solusinya :
Muncul pesan CMOS failure (Kerusakan pada baterai CMOS, ganti baterai tersebut)
Seting tanggal, time dan konfigurasi lain di BIOS berubah (Setelah baterai diganti, lakukan setting ulang pada BIOS).

257 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 257   Lebih baru›   Terbaru»

kk klw kom saya semua hidup...
cuman di monitornya ngk hidup.???
tp yg saya aneh kemaren2 cman restart2 sendiri da semingu abis tuch tak hidup lg monitornya..
Gmana kk apa kah ada solusi buat saya??
saya pake vga onboard pnya

Thanx

maaf jika baru bales ya maz, btw dari beberapa komputer yang pernha saya tangani (kaya ahli aza ya ). komputer jenengan udah pernah di bersihin belum dalem nya, coz nurut saya itu masalah bukan berasal dari monitor tetapi dari cpu anda, coba jenengan buka cpu anda teruz bersihkan debu yang menepel terutama yang terdapat pada ram, terus nyalakan komputer anda bisa booting or jalan tidak jika tidak paz lagi nyala pegang heatsink di prosesor apakah panas or anda bisa lihat di bios anda yang letaknya di power management, apakah suhunya melebihi rata2 jika iya maka coba anda lepas heatsink anda dan oleskan termal grease yang baru terus bersihkan kipas dan heatsink anda, oh ya masalah komputer itu kebanyakan di ramnya karena jika komputer lama nggak dinyalakan biasanya nggak mau booting (kayak motor lah maz) harus rajin2 menyalakan setiap hari. saya pernah punya kasus dimana komputer teman saya nggak dinyalakan selama 3 bulan, teruz dia coba nyalakan ternyata tidak bisa, setelah saya lihat cuam kotor ramnya saja n berdebu, saya cuam bersihkan pake kuas terus saya semprot dengan mechanic (bukan iklan ya he3x), saya nyalakan eh jadi maz, udah banyak kasus komputer seperti ini yang saya tangani. btw itu saja saran dari saya ya maz jika mazalah di komputer jenengan belum bisa teratasi silahkan tanya lagi, insya Allah jika saya bisa akan saya jawab

Dirumah ada motherboar yang seocket processor nya rusak

jarum2 nya bengkok

mungkin ga untuk diganti socketnya

trimz sebelumnya

semoga bisa dijawab

Saya seh pernah tahu and pernah lihat (Belum bisa Seh He3x) kalo penggantian bisa dilakukan tapi dengan teknisi yang ahli dan peralatannya lengkap dan syaratnya harus sesuai dengan jenis motherboard yang sama persis. Tapi ada solusi yang lain yaitu Luruskan lagi socket yang bengkok tersebut dengan tang lancip yang kecil, harus telaten seh mas coz kecil2 banget, jarumnya. saya pernah meluruskan socket prosesor tapi harus ati-2 banget. wass

mas ari mau tanya.....
1. komp saya mau nyala tapi tidak bunyi beep dan tidak ada tampilan pada monitor.

2. pada awal saya pencet switch power, komputer menyala namun untuk mematikan komputer switch power tidak berfungsi sama sekali. jadi untuk mematikan komputer saya harus melepas kabel power komputer.

3. untuk memori sudah saya bersihkan

Bagi Pengalaman ya maz hendra? kasus jenengan pernah saya pada komputer p4 tipe mobo pcchip kalau nggak salah, mobo jenis ini dalamnya waktu pertama beli mobo speaker (harus ditancepein dulu) gak ada n kalau ada biasanya harus diaktifin dalam bios. btw, kalo itu seh biasanya kasusnya Kalau gak ram itu Vga oh ya,lihat postingan ku yang terbaru maz. langsung za ya mas,kalo lum dibersihin belum bisa biasanya aku pake model trial n error, gini coba jenengan pake ram lainnya (bisa pinjem ke teman, jenisnya yang sama ya maz), coba dimasukan, misal belum jadi coba jenengan cek vga jika onboard. kasusnya biasanya itu dari ram. oh ya, bisa minta tipe mobonya maz, n tipe ramnya apakah DDR1, DDR2, or sdram kalo leh. untuk mematikan komputer. gini maz jenengan tekan tombol komputer agak lama kira- kira 10-15 detik (setiap komputer berbeda, semoga membantu ya maz !

mas kompuper saya gak mau muncul layar pdhal sudah saya nyalakan

trus td sempet ada beep sekitar 3x gimana cara menanganinya?

salam kenal mas.., Saya Liston
lampu Mobo saya (warna hijau) menyala, tetapi saya pejet tombol powernya, CPU tidak hidup.
Perlu diketahui komp saya adalah P4 (baru upgrade dari P2. Mohon bantuannya mass. Thank's mas...

Mas nama saya wahid salam kenal...
saya mau tanya apa ya? kerusakan pada komputer saya ram/vga-nya
soalnya pc saya setelah saya tekan tombol power langsung bunyi bee terus nggak berhenti2?
apa sih kerusakannya dan tolong beri tahu ya cara membetulkannya...
saya berniat jika vganya yg rusak saya ingin meng-on board nya
tp jika kerusakannya diram gimana ya cara menanganinya...

dan tolong beri saya tips untuk
membersihkan ram dan vga saya?

mohon bantuannya !
trima kasih...

mas ane mo nanya nih, kompi ane kok waktu diidupin gak ada reaksi di monitor, lampu LED Casing Berkedip2, Fan Casing,Prosesor,PSU nyala semua, gak ada suara beep.. cabut semua komponen (hd,vga,dll) juga sama aja..kira2 apa yah yang rusak...

Maaf ya mas untuk semuanya coz saya baru bisa jawab sekarang, kemaren aku lagi sibuk buka warnet di rumah (cape deh), untuk maz Fikky aku pernah mengalami kasus seperti diatas, Setelah tak utek-2. coba maz ganti Rammnya dulu pinjem kek sama teman, terus Reset Jumper maotherboardnya dengan cara tarik jumper motherboard yang di deket batu cmos biasanya ada tuh ? oh ya spec kompinya apa ya maz ?
Btw, Untuk Mas Wahid Aku seh nggak bisa vonis itu ram, tapi kalo gejala seperti itu biasanya di kompie itu cuma ada 2:
1. Vganya error
Kalo vganya error, coba jenengan onboardkan dulu, jadi aor nggak
2. Ramnya rusak
jika ramnya rusak penagnangan dengan trial dan error, coba pake ram dari komputer laen?
Untuk maz liston, leh nyanya nggak yang diganti apa saja ?

mas saya mau nanya komputer saya mati/ blank.pas saya cek motherboardnya rusak.lalu saya ganti, pertama kipas prosessornya nyala.dan semua ok.lalu besok ya saya coba lagi nyalain komputer saya, tidak mau nyala alias blank.kipas prosessornya mati atau tidak kuat gitu. itu knp ya mas???tolong pencerahannya. apakah mobonya atau power supplynya....

mas saya minta tolong dunk kompi saya p3 waktu dinyalain tu gk bisa nyala tak kirain, PSnya terus tak ganti dengan PSnya temen dulu... ternyata sama aja.... tapi anehnya tu deket soket motherboard tu aku pegang panas bgt.... tu kenapa ya.... mohon bantuannya...THX

mas, mo nanya...comp saya gak mau hidup sama sekali, padahal pwr suply, ram, procesor tak taruh di motherboard lain bisa nyala, kira-kira bagian mana motherboard yg harus di ganti ?

saya mas jamari (pemilik warnet)kalau masalah kompu gitu dri pengalamn sya keruskn kom sbgian besar hnya vga, ram, hardis. sdnkn spu, matheboard, prosesor jarng sklai krusknnya jadi kalu menjumpai masalh trsebut yng hrus diingtkan adlah sering menguji coba kekomputr lain mislnya ram dicobakn ke kompter lain,jadi kit dpt mengtahui kerusknnya. oh ya kalu ad maslh-maslah komputr ataupun printer silakan berikan komentarnya kepada mas jamari.

halo mas sy mau nanya sy punya mainboard asus P5LD2 VM-SE, masalahnya adalah kalau sy nyalain pertama tdk bs masuk bios,kemudian dalam waktu 15 detik restart kembali ada tulisan error chasis bad kalau ngak salah. kalau bs berikan solusi ya
sy tunggu jawabannya di allaen_999@yahoo.com Thank's

halo mas, saya mo nanya nih...
komputer saya pas dihidupkan malah mati nyala. waktu saya buka casing nya, kipas prosesor dll juga bolak-balik mati nyala... power supply ud saya tukar ama kom lain yg nyala, tp tetep aja problem... kira2 apa yah mas masalahnya...?
Terima Kasih

Mas,nanya nih,kmpter saya belum lama monitornya gambarnya hilang,waktu mau hilang tampilanya terang,redup,blank.Selang beberapa menit terang lagi,mati lagi sampe skr?Mslhnya di kmptr pa di monitor mas y.O ya skr ga ada lg tulisan check signal cable saat tidak nyalain pcnya.

saudra 2009 Agustus 20 21:02 hl itu prnah sya almi , coba kamu ras dngn jari pad hetsingnya apabila pans berlebihn coba tukar yg hetsingnya agk tipis, dn lebr, komputr sring merestt ketika prosesornya panas berlebihan (diats 60 derajat)utk mendinginkannya gunakanlah hetsing yang agak bagus.untuk mengetahui suhu prosesor gunakanlah software ini HWiNFO32 2.35. drijamari

SUDARA Iseng082008, msalah tersbut biasanya dimonitor, pernah sya alami jug dimana kalau kerskan tersbut terdpat pad playbac monitorny, biasanya harga bisa mencapai 50 ribuan untuk mengntinya.jamari

Mas, saya punya motherboar yang kelihatan normal karena bisa masuk bios. namun ketika mau diinstal windows Xp hanya sampai pada setup up is being restarted. udah ganti cd, cdrom, baterai cmos, tapi belum bisa. mohon pencerahannya!

kalo komputer gw aneh, pas dihidupkan, monitornya bisa nyala. Tp kalo gw reset atau mati hidup sekali, maka monitornya tidak bisa aktif lagi, musti gw tunggu agak lama baru bisa hidup lg (meskti gw hidupnya cm 5 detik, sama aja harus nunggu)... udah cek ram, power supply, processor, tp hasilnya nihil. gw seh curiga chipsetnya...

hmmmmm.....good tips, thenks for the info

mas saya mau nanya? Motherboard pakai Gygabyte Amd ,kalau saya hidupkan pcku selang beberapa menit mati sendiri . itu disebabkan oleh apa ya mas?

mas mo nanya nih....
sy sering menjumpai Mobo P4/CPU P4 g display gambar karena padahal semua normal kecuali klo dganti MObonya, n menurut ms td pas mbersihin pake tiner itu sama area proc.nya g?trim's+

salam!mas saya ada masalah neh sama MB abit AX78 saya,kmarin saya coba update Bios ternyata setelah saya update dia hang trus saya restart blak screen,saya coba cabut ram namun ga ada bunyi beep samasekali?saya bingung apa MB saya rusaK?apa masih bisa diperbaiki tolong solusinya?TRIMA KASIH....

Salam..saya juga mengalamin update bios pada mobo Intel D845GVSR melalui window ..setelah update cpu restart ..setelah itu ngak ada tampilan sama sekali alias blank ....apa ada solusi untuk mmperbaeki ..tolong mas-mas yang pernah mengalami maslah yang sama...terima kasih sebelumnya ...

aslkm..mas aku punya masalah ni dengan marherboard.dari pisik nya masih baru..tp gak mau nyalah..padahal sdh di bongkar dan sdh d bersih kan matherboard nya tapi tetap ja ga mau masuk ke biso nya...tlong penjelasan nya,kirim ke imail ku ferjiyan.680@gnail.com.thank

BOSS SAYA MAU TANYA KALAU IC REGULATORNYA YANG MANA BOSS?KALAU BISA KASIH SAYA GAMBARNYA AJA. TERIMA KASIH.

waduh ternyata ada juga yang ngasih tau cara perbaikin mobo... gmn nasip para tukang service mencari sesuap nasi ya.... aaaaaaaaa

Salam kenal mas ari yang top..hehehee...masalahku ada di mobo K7S5 procesor amd athlon xp 1700, ketika on semua kipas (PS n cooling fan) menyala normal, tetapi monitor tetap blank, tanpa suara bip, dan lampu hdd menyala terus, (seolah-olah komputer reset) walaupun vga, prosesor atopun memory saya copot hal serupa tetap saja seperti itu...mohon di bantu ya pa, soale ga ada duit buat beli pc baru..hehehe

mas mo nanya nieh, VGA itu letak nya dimna c??truz di komputer saya muncul tulisan "detecting floppy drive a media.insert system and pres enter" mkasud nya itu apa ya mas,dan gimna cara perbaiki nya?penting bngt mas,tolong blas ke mail aq yah : richardo_lie@yahoo.com

salam kenal mas. saya punya problem niih. kompi saya ga bs nyala. kadang2, pas awal saya nyalakan, hd-nya terdengar bekerja, trus bunyi beep sekali, trus masuk ke bios dan lalu di suruh setting cpu freq. dan kadang2 setelah itu langsung hang, ataw sempat restart dulu dan lalu hang. tapi sering-nya lagi, pas awal dinyalakan, ga ada bunyi beep, tapi kayanya hd jalan terus, sedangkan monito ga ada tampilannya. makasih mas..

Mas,tlg sy,lampu led mobo nyla tp kipas mati n g bs msk k bios.tmbl power g brfungsi ky g ngangkat gt,ram dh qbrshkan tp ttp g 'kuat ngangkat',ap ini prosesorny yg rusak?

ass...mas tolong banget niey......
komputer pc ku mati total..
anehnya,kan seharusnya ketika pertama kali kita menghidupkan power pada pc biasanya ada bunyi bip sekali trus langsung masuk bios...
nah,masalahnya pc ku tidak ada bunyi bip padahal semua kipas hidup semua n di monitornya tertulis disconnect.
aku dah nyoba ganti processor n ram(memori)tp tetap sama...
jd pasti motherboradny yg rusak..nah harus ganti apanya yuph...????kl vga msh onboard.
Tolong bagt y mas,,,smg amalnya di balas amin...

mas koputer saya ngak mau nyala pas mau masuk searching floppy kompuer tiba2 mati
cpu hidup tapi kipas d mobo mati ama kipas power supply juga mati
tolong dong mas aku mau yelesaiin tugas akhir nich

mas, saya punya masalah yg hampir sama, komp idup tp display ga' nampak, saya udah bersihin, mulai ram,kipas prosesor, dll,mobo klo ga' salah pc-chip trus vga onboard,udah pernah saya jumper cmos idup tp blank,begitu saya restar dgn maksud instal ulang,eh kumat lagi,mohon pencerahan???
klo vga yg mati baiknya diganti yg spek gmn?(cuma buat ngetik & browsing2 duang)
matur nuwun....

Salam kenal,
Mas saya Andi, saya pnya masalah dengan mainboard neh mas (oh ya motherboardnya onboard)tidak tampil dilayar. Tadinya vga nya rusak trus saya tambah vga baru dan bisa tampil tetapi skr kok ga mau masuk windows ya, selalu restart setelah masuk ke pilihan: save mode, normal, dll... mohon bantuannya ya mas
matur nuwun ...

salam kenal mas, saya mau tanya nih mas, komputerku awalnya ada bau gosong gitu, nah pas di buka ada satu komponent yang panas banget dan kya hitam2 gitu, tapi saya tidak tau itu komponent apa? gimana solusinya mas, apakah kmponent tsb bs di ganti? apakah kira2 mahal? mksh sblmnya ya ms, tlg jawab via email aja di hary.setiawan@ymail.com, sorry soale dah ga bsa ngenet nich. thanks

salam kenal....
saya anton ... sya punya masalah pada mainboard dirumah, mainboard saya mati total, tapi semua komponen lain masih nyala seperti prosesor bagus, memorry bagus, kipas pada power suplay muter bagus, tapi kok gak ada tampilan sama sekali di monitor dan tak ada bunyi sama sekali pada cpunya??? tolong dong gimana caranya.....
terimakasih....

Salam kenal.....
Saya Indra mohon di bantu mas... saya punya komputer P4 2,6. RAM 512 DDR2 motherboard merk AMTRON type ZX-I945LM4 mati total, ga ada tampilan sama sekali di monitor dan ga ada bunyi apapun di CPU walapun ram saya lepas tapi semua komponen klo di coba di komputer lain nyala normal
mohon pencerahannya
terima kasih....

saya ryan...
mo bertanya mas...
saya punya PC P4,ram 256mb ddr2 merk leam, mobo merk MSI...

nah,terus saya upgrade ram jadi 1 giga,tapi pas saya ganti ram nya dengan yang 1 giga merk w-stor
mlah suka ter-restart sendiri tanpa tau sebabnya...
trus ram nya cuman terbaca 512 mb pula di komputer nya...

itu kira2 ada hubungannya dengan mother board gak ya??
mohon bantuannya..
^^7

too ryan
coba aja mas porsesor nya di angkat trus pasang lagi
atau atau coba test memory nya pasang satu-satu sapa tau salah satu dari memory itu ada yang rusak.... ^_^

too andi
install ulang aja komputer nya... file di windows nya ada yang rusak tuh... kayak nya seh....

too ALL : kalo bisa tulis email aja... biar enak dikit :D

To Mas ARI
Mas..
saya Khenzy, saya punya mobo amtron ZX-I945LM4,Prosesor 2.7gb ram DDR 2-512Mb. saat saya nyalakan tidak muncul apa-2 di monitor saya coba prosesor dan ram lainnya jg tetep ga bisa tampil.yg ada hanya led monitor warna kuning dan berkedip kira-2 apanya ya yg rusak dan harus ganti...
mohon bantuannya mas.
email saya Khenzyqu@yahoo.co.id

salam kenal.
saya Marrsa
mohon bantuannya mas.
saya punya printer HP deskjet seri 3900 ga bisa di buat ngeprint hanya lamp indikator berkedip/blinking mohon bantuannya mas.
terima kasih sebelumnya

email cmarrsanda@yahoo.co.id

salam kenal
saya onno, punya mobo abit nf2s (kl g salah) soket amd yg mati gara2 kecipratan air di ic yg ada tulisan n6100 di dekat soket ram. fan proc nyala tapi gk muncul gmbr padahal dah coba pake vga ext tetep gk muncul. mhn pencerahannya. trims.

lam knal bos
ni mobo sy aneh gak mw on tp gada tampilan trus pas dikonekin ke dvd,dvdnya ikutan mati.pdhl dvd masih bagus.pas dicabut kabel sata pada dvd,eh malah dvdnya on.ni mobo error kali ya bos.tlong bantuannya..thanks

Mas mau nanya
saya ada masalah dengan komputer saya
ketika saya install windows xp sp2 selalu muncul pesan PFN_LIST_CORRUPT pada saat setelah saya menekan tombol F8 (I Agree).
Masalahnya apa tu ya mas
minta tolong bantuaanya.

KOMPUTER SAYA TIBA MATI, TRUS G BISA IDUP BEBERAPA SAAT KEMUDIAN KIPAS J IDUP IDUP TP MONITOR BLANK N ANEHNYA G ADA BUNYI BEP SAMA SEKALI....PLIS HELP

mas mau tanya nih kompi saya tiba tiba mati, apakah hetsing apa psu

brury_1977@yahoo.com

terima kasih sob atas masukanya.......dengan begini jadi saya lebih berhati2 nih kalo servis kompi.....thanks info yang bermutu sekali

saya punya masalah dengan mainboard amtron.saya cek psa baik2 saja.tapi dinyalakan sama sekali nggak bisa.kalau ngecek mainboard amtron tanpa dipasangi prosesor dan memory seharusnya bisa nggak saat di on kan swicthnya.

mas saya mau tanya nih... komputer saya lagi mengcopy dari cd ke harddisck trs tiba2 blnk wrna biru. trs di hidupin lagi jd heng. di matiin lg pas di hidupin lagi ga muncul di monitor dan tidak beep. mobonya pcchips.

Mas nama saya sulaiman salam kenal...
saya mau tanya apa ya? kerusakan pada komputer saya ram/vga/motherboard-nya....masalahnya setelah ditekan tombol power langsung bunyi bee terus nggak berhent dan tidak bisa loading windowsnya. sudah saya coba lepas dan pasang kembali semua komponen dimotherboadnya sempat bisa nyala norma tapi besuknya kembali kambuh.
tolong apa sih kerusakannya dan cara membetulkannya..., klau tidak keberatan jika ada yang bisa bantu tolong kirim jua ke email saya aura_man4@yahoo.com

atas segala bantuanya

terima kasih banyak...

bagaimana cara untuk mengatasi port ps2 dan port usb yang rusak.jika disuruh untuk ganti mainboard,saya belum punya uang. gimana solusinya. terima kasih

coba bantu jawab:@ atas: untuk port usb yang rusak tinggal belikan aja pci usb. murah kq. Biasanya 4 port nggak sampe 100 rb. kalau PS2 rusak mending beli mouse/keyboard yang USB. Sekarang juga murah.

ass, mas aq punya MOBO Asus P5KPL AM-SE (baru)komputer dihidupkan selama 10 menit hidup normal, lewat dari itu hang, komponen ngak da yang rusak tapi chipset (sourthbriger) overheat, sudah saya coba oleskan pasta, tetap sama, dan saya coba oleskan juga pada chipset northbrige, hasilnya, MOBO ngak hidup lagi, kira-kira langkah apa lagi yang harus dibuat, biar MOBO itu bisa berfungsi.

sudah tak coba,tetep ga bisa. gak ada bunyi bip, uda nyala tapi ga tampil apa-apa.gimana ini master?

nasrul

bos mobo ane klo usb dan floopy didisable dari bios bisa digunakan dan windows lancar semua cuma usb dan flopy nggak bisa karna didisable trus kalo salah satu dienable disaat loding windows jalan setelah itu hitam blank nggak muncul welcomenya klo dua dua nya dienable masuk windows disaat mo ditek usb langsung hang ane dah coba didisale usb dan menggunakan usb pci slot tetep masih hang disaat ngeditek usb dan ane dah coba install macam macam windows masih hang malah disaat mo baca hardisk ( mo buat partisi)itu juga hang dilinux juga seperti itu masih hang
masih ada solusi buat mobo ane nggak boos neh ane lom coba update bios seh takut beresiko
mohon dan tolong pencerahannya boss

mas bos.saya minta toloong kenapa board saya gak mau klo ide seconday(hardisk+CD room) tidak mau masuk windows,tapi klo kabel DC room nya dicabut bisa masuk windows...!
permasalahanya,klo mau instal ulang gimana mas....!
tolong dijelaskan....!
post E-mail:reno_oktafiano@yahoo.com

kalau motherboard tanpa memory berbunyi bep tapi kalau diberi memory malah tidak ada tampilan pada monitor, apa penyebabnya?, mohon pencerahannya.

Salam kenal dan langsung mau tanya :
Kalau di IC ICS deket memory panas banget itu berpengaruh nggak ya? sampai sekarang sih belum ada trouble. Mohon penjelasan ? Terima kasih

mas..aq mo nanya ne..
aq punya mobo P5KPL-CM
port usb onboardnya rusak n skrg dah dganti ma yg USB card..
tapi kok masih gak detek jg usb nya ya..
apa tu masalahnya..??

ardin mengatakan...

tolong dong mobo q kadang hidup kadang mati...

tapi pas hidup langsung hang pada saat bios.....

tidak ada beep sama sekali


specc: mobo acer aspire e500, intel p.d 3.00ghz nvidia 8400 gs, hdd 320 gb sata caviar blue..

please help me master2 sekalian

mas ari, saya mau tanya nih? motherboard saya (P4 socket 478 slot RAM DDR) nyala sendiri (sebelum ditekan powernya sudah nyala, bersamaan dengan pas saya colokan ke listrik dan tidak bisa dimatikan, harus cabut colokan yang ke listriknya lagi) dan layar monitor blank (bios pun tidak bisa tampil) serta tidak ada bunyi bip.
Saya sudah coba gonta-ganti cpu, ram, vga, psu dan clear cmos, tetap saja begitu. mohon pencerahannya?

massss....
mobo ASUS P5GC-MX upgrade cpu Dual-core E5300..
eeeii tw nya minta update bios agar full power..
cari sana cari sini yg ada gk dpt2 update bios terbaru..
tlong dibantu dong masss krimkn link update bios terbaru...
terima kasih sebelumnya...

oia masss stu lg..
mobo ASUS P5KPL-AM g nampil kelayar..
PS,RAM,HDD dll semuanya bagus..
mhon bntuannya y masssss...

massss,kyboard saya ga mau jalan padahal udah saya seting coba dibelikan yang baru tetep aja g mau jalan apanya yang rusak ?? terimakasih..

misi ya!!

mas iqbal ,biasa nya kalo monitor nggak nampilin apa2, itu ada 2 sebab, atu RAM, VGA, coba mas pindahin RAM mas ke komp temen ato saudara, klo hasil nya BISA, coba spec VGA nya apa?

kalo misal kan VGA card, coba di ganti ke on-board dulu, kalo tetep ga bisa, itu permasalahan nya bisa di MOBO, ato PS!!

semoga membantu ya!!

assalamualaikum.mas ari sy mo tnya ni.knpa y komputer sy sllu restart sendiri waktu dimasukkan flashdisk?mhon bntwnnya,terima kasih.wass.

Mas motherboard acer aspire 4720z saya rusak gak mau hidup kira2 bisa di perbaiki gak kalau bisa kirim ke email saya ya Samudra20@ymail.com trims

mas komp ku bila dinyalakan kurang lebih 3 jam mousenya tidak berpungsi tapi setelah di stofdown ..dan dinyalakan lagi baru berpungsi...,bila pakai mouse usb bisa berfungsi..kira kira apanya yang rusak

mas saya mau tanya nih . .
kalo pada saat nyalahin komputer biasanya langsung masuk layar post . .
tapi kali ini engga . .
dia langsung masuk layer yang tulisannya 15 detik langsung shut down sendriri . .
dan saya juga sudah mereset BIOSnya dengan buku panduan .
tapi gak berhasil juga . .
CMOSnya juga sudah saya periksa hasilnya masih bagus . . .

kira kira gimana solusinya?. . .

mas, kasusnya gini:
1.lampu LED di mobo nyala.
2. dihidupkan pakai tombol power bisa.yang hidup semua kipas+ hardisk.dimatikan pakai tombol power tidak bisa.
3.ga ada suara booting(bip)
4. udah try n error PSU, RAM, VGA diganti tidak ada perubahan(tidak ada masalah).dibersihkan juga sudah.
5.saya yakin bahwa komputer saya ini tidak booting dan dugaan kuat kerusakan ada di mobo.
6.bagaimana cara deteksi kerusakan mobo dengan kondisi tersebut?
7. apakah mobo rusak dapat diperbaiki?mohon bantuannya mas
terimakasi sebelumnya. Ipin

Mas Nama Aq Anwar, motherboardq merk foxconn proc 2.8 gh p4 ddr2 512 dan lama tidak dibersihkan motherboardnya debunya sampe menggumpal dan bertumpuk2, kasusnya begini di hidupkan kadang hidup dan kadang g hidup sama sekali kayak g ada arus yang masuk, dan klo pas bisa hidup dan tampilan gambar bios ada tapi klo di restart langsung g detect ke monitornya dan lagi klo setingan biosnya di rubah terus di simpan (f10) gambarnya langsung blank dan itupun klo mau hidup dan biasanya klo pas hidup terus di matikan untuk menghidupkan lagi susah, apa itu motherboardnya yang rusak karena lama g di bersihkan? dan komponen lainnya masih ok semua kayak Power Supply, Ram, dan yang belum saya coba Prosesornya apa bisa juga prosesornya?
Ini Email saya: anwar.agil@yahoo.com

Mas Kalau Matherboad acer aspire 4720z berapaya harganya

mas komp q nyala py bentar mati, tolong bantuanya mas

seumpama port usb yang one of not recerved to apanya....

gimana kalau port usb da kata kata one of not reserved

Depresion, Mengatakan.....

ass... Mas... saya mau tanya saya punya komputer :
komputer saya :
Mainboar : PCChip p29g
Ram : DDr2
VGA : Nvidia Geforce 8500 GT.

yang saya mau tanyankan adalah :
pada saat saya menyalakan komputer itu biasa2 saja tidak ada gejala rusak sama sekali, masih mulus2 saja, ketika saya menonton TV lewat TV tuner stelah itu saya matikan tv tuner tsb, lalu saya mau nyalakan winamp tiba2 komputer saya ngehang dan tidak bisa di apa2-in lagi, ketika saya merestart,
tiba2 komputer saya tidak bisa mau masuk ke bios.

lalu saya bongkar2 dari vga,ram,tvtuner dan power suply saya lepaskan semua dan saya bersihkan lalu saya pasang kembvali. tapi masih tidak bisa mau masuk bios, mas.

bisa nyala tapi tidak bisa mau masuk ke bios, mas.

kira2 apanya yang rusak ya mas...

tolooong di jelaskan karena saya, mau ganti mobo tsb tapi ga punya uang...
mungkin mas bisa menjelaskannya apa kerusakan mainboard yang saya punya ini mas...

tolong ya, mas...
minta penjelasannya dari mas... ya

tapi penjelasannya lewat email saya ya mas..
ini email saya : www.Programer32@yahoo.com.

mas mo nanya..
komputer saya pas di nyalain..monitor blank...gak ada suara beep...pas mo dimatiin (di tekan tombol power slama 3 menit) komputer gak mau mati...jadi harus di cabut kabel...saya udah coba tuker pasang kabel power supply..VGA juga di lepas terus di pasang..tapi masih tetep blank pas di nyalain...
kira2 knapa ya???mohon bantuannya...
mksh...

mas tolong kasih solusinya donk...komputer saya rusak...ga bisa dstar...tapi kalokabel yang dari power suply (kabel empat,persegi) di copot kipasnya nyala..tapi klodisambungkan lagi ga bisa lagi....NB: kabel yang menghubungkan power suply ke motherboard kan ada dua..yang besar lebar dan yang kecil4 kabel,soketnya persegi....nah yang saya maksud kabelkecil itu...pliz solusinya ya...emaisaya...radie_radiatna@yahoo.com

Mas, saya punya cpu pentium 4 , kalau sdh hidup sekitar 1 jam akan restart sendiri , saya cek di bios , ternyata temperatur prosesornya cepat naik, saya ganti fan cooler prosesornya , tetap juga seperti itu , apanya yang harus saya ganti mas ?

Death...

Mas, saya punya VGA Radeon HD 4850 512 Mb 256 Bit, bisa digunakan pada motherboard zx-31mb ga?
Kalo misal bisa, ada pengaturan lainnya ga? semisal pada biosnya atau jumper di motherboard?
Saya sudah coba pasang, hasilnya monitor ngeblank!

burinyaigods@yahoo.com

napa dg komku ne mas,gak da tampilannya...
udah q cek,monitor ok,kipas jalan,ram juga ok,vga onboard udah q pasang dng vga external,prosesor udah q gnti,tp kug msh blm da tampilannya...
bios nya juga udah q clear,tp tetep ja gak da tampilannya... mhn bntuannya..
mksh.

tanya gan
motherbord merk intel desktop saya gak hidup cuma kalo booting yang nyala keyboard num dan capsL cuma byar2. gmana cara memperbaikinya.

hlo.......bos sya punya pc 2 yang satu bisa di install pas berjalan smpi tengah tambilanya heng, padahal udah semuany di bersihn pc yg satu lagi mati total itupun udah di bersihain........bgiman cara memmerbaikinya..........trimakasih

bos saya mau tanya ...
kl motherboard yang rusak cuman colokkannya keyboard (keyboard tidak ter deteks) gmn cara mengatasinya, udah tak coba pakek keyboard usb tapi untuk loding ke windows tidak bisa soalnya belum terinstal kewindowsnya ,,,...
trim sebelumnya ...
nii alamat emailku ...
rama_luv@ymail.com

sy punya cpu yg bisa hidup tp hanya 1 menit sj. jd pd waktu sy hidupkan nyala bisa masuk BIOS tp dapat satu menit gambarnya hilang/lenyap. sudah sy coba ganti power supply, vga card, memory, masih juga tetap muncul Bios lalu lenyap lagi. mohon petunjuk bapak?trima kasih

ass.saya mau bertanya apa benar komputer tidak tampil itu masalah memory-apa benar ? apa bila maindboard rusak dan tidak tampil dan membuat kinerja procesor cepat panas dan menjadi komputer sering restart dengan sendiri pendapatnya masalah seperti ini solusinya apanya ? mohon solusinya.terimah kasih wassalam

mas salam kenal,
gini mas kasus nya sebelumnya pada mobo pc chip,
saya pake 2 chip DDR2 @1gb, saat trouble tampilan di monitor tidak keluar, saya coba bersihkan whole pc (pake compressor) trus DDR udah saya bersihkan (pake karet penghapus biasanya heheheh)
sesudah itu dinyalakan tampil di monitornya >tapi dalam pemakaian lama tiba2 hang (btw :VGA onboard) nah saya coba lepas 1 DDR ternyata bisa, gantian DDR yg saya lepas ditancep juga bisa..mungkinkah ada masalah pada slot DDR atau kedua DDR2 tsb udah ndak match lagi atau gimana? (DDR2 PC5300 1 Gb Visipro )

kalo mobo laptop sama om?
makasih...

Om saya mau tanya dong, saya masih pake VGA onboard chipset nvdia (Nforce 6100) nah itu kompi udh ampir 3 taun lebih saya pake, tp skrg ada trouble. kompi saya pasti mati klo saya pake buat running apapun yg berhubungan sama graphic entah itu video, multimedia, games, sampe software grafis (corel, adobe) dengan skala pemakaian memory tinggi. saya udh double triple check komponen boardnya. apa karena VGA onboardnya yg rusak? atau power suply? atau memang board+proc nya yg harus saya ganti? tolong dijawab ya thanks

Admine sirahe mlethek, kakehan sing takon.

mpermisi ya pak..
mau konsul nih..saya zacky dari palembang punya mobo ecs RS 740 M amd,permasalahannya mobo tsb tidak mau booting sama sekali bep pad bios pun tidak ada..fan procesor hidup..awalnya memang power suply nya rusak,tetapi setelah diganti psu baru tetap saja tidak booting.mohon pencerahannya pak..sekian terimakasih.email saya kumbangulu@gmail.com

Boss Ari, PC bisa masuk ke BIOS kalo Hardisk+DVD ROM-nya gak dipasang.. mungkin gak Boss, Socket SATA di motherboard-nya corrupted. soalnya hardisk+DVD yang ini dipasang di PC lain masih bisa.. Solusinya gimana??

Thanks
Ari too

Mas ana punya komp p3. kipas pada motherboot mati tapi lampu bagian depan di CPU idup trus kalo di idupin bios gak muncul dan gak bisa loading ditandai dengan lampu pada monitor berkedip-kedip mohon beri solusinya mas terima kasih oia penjelasnya tolong kirim lewat email mas di abdullah_afyudi@ymail.com sekali lagi mohon bantuannya....

mas, komputer saya gak mau booting, cuman nampak nama mainboardnya saja (NEXTBOARD)trus saya ganti powersupplynya sempat masuk ke windows (WIN7) tapi setelah buka beberapa aplikasi komputernya restart lagi tapi gak bisa lagi masuk ke windows cuman nampak nama mainboadrnya, dan di monitor kadang nampak "Hz ?". harddisknya sudah saya coba pake komputer lain dan hasilnya masih baik,gak ada suara beepnya..
klo sempat tolong kirim jawabanya ke "jabal08@gmail.com"

thnks..

boozz mobo ane restart mulu padahal dah ganti powersuply nya tp msh aja restart.chek alko masih pada bagus ane curiga sihh sm processor nya.merk mobo nya asus serinya lupa processor 1,7

salam kenal gan,
ternyta banyk y kasus mobo yang legrek alias jebol bin remek dan eror heeee....punya gue tu kan uda 2 mobo yang erornya tiba2 gak bisa tampil di monitor. mobo asus p5kpl-se hypertrading dan intel semuanya baru, dapat 8 bulan dedel duel...kir2 tu knp y gan atau biar bisa awet.
gue c pake buat seting garfik aja cos gue buka usaha desain foto. bwt game juga jarng listrik di rumah juga normal...
bantu gue ya gan...atw klo boleh ni, kirim no telp, atw hp dung lewat email ni : oedynpusy@yahoo.co.id. mks sebelme y gan...
oedyn Pandaan Jatim

mas, mo nanya. Komp ku sering mati tiba" n nggak mau idup beberapa waktu misal 1 jam abiz tuh baru bisa hidup lagi. Kira-kira masalahnya pada bagian mananya? thanks

Salam kenal mas, saya mau perlu bantuan nih...kemarin saya coba pasang powersuplay ke kompi. pas sy nyalakan muncul percikan api di dlm powersuplay lalu listrik langsung mati kaya terjadi konslet gitu. Ini pasti powersuplay ga beres. Lalu saya ganti dengan powersuply baru dan lalu listrik sy nyalakan lalu tombol power kompi sy tekan, eh komputernya sekarang malah ga mau nyala, mati total. Cuma kipas prosesor dan kipas powersuply nyala sebentar kira2 1 detik lalu mati. klo di tekan lagi tombol power, kipas2 tsb ga mau gerak lagi, kecuali klo kabel power dilepas lalu ditancapkan lagi, baru kipas2 tsb nyala lagi cuma 1 detik.
Pikir saya, pasti motherboardnya dah kebakar dan rusak. Trus saya ganti motherboard dengan yang masih bisa dipakai,tapi prosesornya saya ambilkan dari motherboard yang mati tadi, eh ternyata sama saja, kipas2nyacuma nyala 1 detik lalu mati.
Maka saya pikir ini masalahnya pasti di prosesornya. lalu saya ganti prosesor dari kompi lain yang sama2 pentium 4 yang masih bisa nyala dan saya pasang dimotherboard kedua tadi yang jelas sebelumnya masih bisa nyala..walah tyt tidak ada perubahan..tetap saja kipas2 nyala sebentar lalu mati. saya jadi bingung. diganti powersuply ga nyala, diganti motherboard ga nyala, ganti prosesor ke motherboar yang uudah gantian tadi tetep aja ga nyala...wah jangan2 prosesor lama juga merusak motherboard baru saya...jadi 2 motherboard n 2 prosesor saya sekarang mati..cape deh...akhirnya saya ga berani lagi coba2 pake2 hardware lain utk ujicoba,takut klo ketularan lagi, hik..hikkk
Nah..klo kasusnya kaya gitu gimana ya mas cara ngatasinya?? apanya kira2 yang rusak? makasih mas n saya berharap mendapat jawaban dari sini,,,trims

matherboard saya mati total kayaknya...

mana jwabannya kbanyakan yg nanya neh . .. . :D PEACE

komputer saya p5kpl-am ketika di shutdown komputer mati, tapi beberapa detik nyala lagi.
dan ketika psu di hubungin ke stop kontak, komputer langsung hidup, apa yang salah dengan mobo saya. terima kasih sebelumnya.

salam kenal "venus"

bos mau tanya nich, gue baru ada dapat masalah. gue punya motherboard ASUS P5KPL-AM-SE, USB seluruhnya tidak berfungsi, CMOS udah gue updat tetap aja gak ada hasil kira2 apa masalahnya... mohon bantuannya

mas.. Sya mau tanya,
komp saya ada masalah, tiap mau copy file ke media lain misalnya flashdisk pada waktu proses copy berjalan tiba2 flashdisknya hilang kyak ada yang nyabut, setelah beberapa detik muncul lagi, kayak ada yang iseng nyabut flashdisk lalu dicolokin lagi, sering2 gitu flashdisknya rusak, harus diformat, kenapa ya mas...?? n suaranya juga tidak normal, bahkan kadang2 tidak ada suara sama skali, sudah saya coba instal ulang, tapi tidak ada hasil...
Mas tlong balasannya ke email y... rah.koko89@gmail.com

makasi banget bantuannya...

wah membantu sekali ini info nya

walah... gak terjawab semoanaaa....

mas kalau ngak mau di install ulang ,,,apa masalahnyan,,

setiap mau install ulang macet 2,,,,

mas kalau kita pengen tau processor itu rusak atau tidak tanpa nyoba pake MB lain gmana, misal ada kaki processor yang kita cek pake avometer, berapa nilai dan kaki berapa yang kita cek. mohon jawabanya.

numpang tanya neh..
mobo asus P5PE-VM LGA775 saya habis ganti prosesor intel Dual Core E5700...yang jd masalah kenapa setiap mau shutdown selalu hang padahal kondisi HDD & RAM OK....
mohon bantuannya gan...

kalau processornya gak panas,,apa rusaknya?processor kalau dipindah ke m.boot lain dia panas/hiidup? jadi apa kendala di m.boot?dan penangannya gimana...?



thx

bang cpu nyalah ga nampil ke monitor solusinya kotor ,,??? apa ga ada selain itu , semacam elco atu ic vga yang kena , jangan kotor terus , huhhhhhhhh

Bang MB saya udah jebol kali ya, Kipas prosesornya ga muter, lampu mousenya nyala trus padahal biasanya kalo CPU dalam keadaan mati mouse nya juga mati, tapi ini nyala terus,saya pake ECS, trus VGA saya koq aneh ya, kalo di colokin ke yang kanan komp pasti ng restart, kalo di yang kiri ngga ngerestart, kenapa tuh ya??padahal tadinya ngga, ini semua terjadi pas abis saya bersih2 komputer

mas mau tanya mas.. cpu saya hidup, masuk bios ok(bsa nyimpen juga), tp klo masuk window tidak bsa, pake prog mini windows jg g bsa,saya instal ulang ada tulisan ==expation==.,trus saya instal ulang lagi .. cm manten window update z.., kira kira apanya y mas..

Wah Maaf, Baru Bisa jawab cause blog saya lupa paswwordnya lahamdulilah bisa say kembalikan, wah mau dijawab mana dulu ya, jadi bingung neh.
insya alaah tak jawab satu satu

mas mau tanya
boad q rusak, nyala,tp tdk mau booting, ke bios pun tdk bisa, tdk ada suara apapun, RAM, Processor di coba ditemen jadi, kira2 bisa diperbaiki tdk mas merk boad ASRock Wolfdale1333-D667
klo bisa jawab lwt email aris_86@ymail.com

Choi, nanya nih kenapa motherboard gua merek asus p5kplse line in nya dan mic nya enggak bisa digunakan lagi, sebelumnya saya gunakan untuk main gitar dan mengisi vocal dalm mengaransmen lagu dengan memakai software FL Studio 10, sudah banyak lagu2 yang saya buat nah sekarang ini kendalanya tiba2 line in dan mic tidak dapat digunakan lagi jadi setiap dikonek dengan jack gitarnya atau jack micnya tdak ada reaksi, tapi untuk speaker out tetap normal, nah apakah ini yang salah atau ada salah satu kompenen yg rusak dimotherboardnya atau drivernya?
Tolong ya kalo bisa jawab ke emailku ronnyyusman@gmail.com, thanks choi..

Salam Kenal ... Saya mohon bantuan pemecahan masalah pada laptop
saya... Laptop Saya Thosiba seri L 300. saya beli tahun 2007.. Masalah
mulai muncul Pertengahan bulan mei 2011, dimana laptop saya kalau di charger,
laptop saya sering muncul Screen warna biru "polos" tanpa ada "
INFORMASI ERORR".. dan tidak ada tombol di keyboard yang berfungsi kecuali
tombol power. jadi saya sering mematikan laptop langsung dari tombol
power jika muncul screen biru tersebut... dan kadang2 laptop saya
restars sendiri... tapi kalau charger nya dilepas (hanya menggunakan
baterei) saja, scren biru tersebut tidak muncul... Saya betul2 pusing
dan di daerah saya tidak ada
teknisi yang bisa mengatasinya... sebelum muncul masalah ini, salah
satu port USB saya yang biasa saya pake untuk Mouse tidak berfungsi
lagi..

Yang ingin saya tanyakan letak permasalahanx ada di Software atau
Hardware???
Kalo SO nya saya pake WIN 7 Ultimate 32 bit... dan baru 2 hari lalu
saya format ulang, tapi masalahnya muncul lagi... bahkan pada saat
menformat pun screen biru ini muncul...

Apa RAM nya yang harus diganti??? karena hardisknya juga saya sudah
ganti tapi tetap saja error???
atau Motherboardnya????
Tolong Masukannya...

Saya sangat2 membutuhkan informasi nya...

Salam Kenal...
Vanhelllix, Maumere NTT

tolongin saya dunk komputer saya kena virus yang bikin lambat koneksi,truss saya instal os,belum selesai install tiba2 layar berubah warna lalu jadi gelap and truss putih garis garis merah.vga saya copot(mungkin rusak)truss saya colok ke yang onboard hasilnya sama gambar di layar normal ehhh gak lama gitu lagi..tolong yahh.

mau tanya, driver PWM ( ISL 6312 ) ga mau kasih output, so procesor ga jalan krn ga ada suply tegangan, ada yg tau cara ngatasinya ga? atau kira2 bisa kasih masukan yg berarti..
TQ

ass mas need bantuan ny dong...

compi diwarnet saya pas di nyalain bisa tapi dimonitor "no signal" kabel monitorny ud saya cek normal, trus mobo ny saya lepas dari casing berikut ram, hd, dan prosesorny.
saya pasang lagi tapi masi juga engga isa.


ga lama kemudian compi yg lain juga kena penyakit yg sama, knp ya mas ? apa mianboard ny rusak ? apa masi bisa di perbaiki ?

mas kalau tampil tulisan eror 4086 itu apanya? pada saat di installll...
mksh

mas ane mau tanya..
waktu saya hidupin komputer selang beberapa detik komp mati sendiri, trus saya hidupin lg n CPU ga mati tapi ga tampil di monitor. kemudian saya matikan paksa trus saya hidupin lg malah mati lg dan begitu seterusnya. kira2 penyebabnya apa ya mas??
tolong ane donk...

salam dany

bos mo nanya!klo slot hdd sata yg d mobo nggk fungsi,tapi seblmnva bisa.tp klo pk hdd ata id bisa fungsi...mhn bntuan bos

saya mw nanya bos
knpa motherboard saya itu bila di hidup kan hidup tp tidak lama lagi udah mati

apa nya itu yang rusak ??

assalamualaikum,
mo nanya bos, klo mobo ane intel standby ga mau start diapain ya bos caranya..?

bos mau tanya ! kalau komputer saya hidup bentar 30 detik terus mati apo yang rusak itu mas tolong infonya !! emal saya raflesles@yahoo.co.id/ FB: Rafles Andesta.

Pak Ari tulisannya yang di atas bagus
bisa membantu saya dalam memperbaiki mother board saya
yang rusak, terima kasih banyak ya!!!!
Inilah contoh generasi anak bangsa yang terus mau berbagi pengalaman dan pengetahuannya, tq

Jantor Sibuea
PEMILIK: http://www.asetmandiri.com/?id=jantor

mau nanya mas komp saya nyala tp tdk tampil dan gak ada suara beep, uda clear cmos ram & vga card uda gnti kq tetep gak bsa ya???
mohon dibantu...trims

aq mau tanya ni, kra2 pa y.. gejala yang bikin mobo mati tau rusak?
trus cara tau nya tuh bagaimana? ngecek nya giana jg? kasih tau dong!!!!!

gan ane mau tanya,,pc ane tiba2 mati,,tp matinya aneh,,lampu mouse hidup,,lcd hidup,,pas saya hidupin cpu nya cuma hidup lampu cpunya aj,,tapi engaa ngangkat,,kenapa ya?trus klo matot begitu yg di D bakalan selamat gak?

mas mo nanya kalo cpu dah di shutdown mati tp kipas powersuply ama kipas prosesornya masih nya kenapa ya??dah coba diganti powersuply yanglain sama aja..thank's b4

Mas...
aq punya mboard Asrock G31M-VS2, masalahnya pada saat boot haya sampai merknya tok ga bisa masuk ke system, gimana itu mas mohon solusinya...
email : herbang@ymail.com

mas saya zezar, Spek PC saya sebagai berikut:
Prosesor i3
Mainboard Asus p7h55-m lx
power supply Thermaltake toughpower Xt 775 watt
Vga PCI express Digital Alliance Ati Radeon HD 6850 1 Gb
RAM Vgen DDR 3 PC 10600 4Gb 2 piece jadi 8Gb
Hardisk 1 Tb

Masalah:

PC nyala, monitor jadi standby, keyboard yang numlock biasa nyala ga bisa dinyalain, gabisa ditekan tombol restart komputernya, dicabut Hardisk, DVD RW, kipas kesing, kabel sata, kabel power ke DVD, dan Hardisk ga nyala juga, setelah ituw cabut Ram masih ga bisa. ga ada speaker di p7h55 m-Lx, di panel nya ga ada colokan jadi ga bisa dipasang. Terus akuw cabut kabel powernya, mungkin kabelnya yang rusak, setelah akuw pasang lagi, Malah Listrik dirumah Mati semua, akuw pakai stabilizer servo motor 1000 watt listrik rumah 1300 watt, nah ada yang aneh, akuw cabut kabel ATX daya power listrik buat moterboard ada 2 kabel nya. listrik dirumah ga turun. Mohon Pencerahannya mas...akuw dah utak utik...sebelumnya juga akuw update bios dari situs resmi asus. HELLPPPPP!!!!!!!

YG JAWAB MOTHERBOARD GITU2 SAJA,KALO GAK VGA, PROCESSOR, MEMORY, ATAU POWER SUPPLY,,, DAH BASI!! ITU NAMANYA BUKAN MATI, TAPI SALAH TROBLE!!! BENERIN MTHRBRD MATI ITU HARUSNYA DIPERBAIKI DENGAN CARA CEK KOMPONEN MTHRBRD, BUKAN VGA ATAU PROCESSOR DLL..

Gan gw btuh bantuan nih,,
kan gw kmaren ngutak atik bios komputer gw nih,
pas setingan boot primary gw ganti cd room secondary gw ganti cd room thirdnya pun gw ganti cd room.
abis itu gw save, langsung DEl juga. padah gw mau balikin setingannya , malah ga bisa masuk bios..

tolong pencerahannya

Gan gw btuh bantuan nih,,
kan gw kmaren ngutak atik bios komputer gw nih,
pas setingan boot primary gw ganti cd room secondary gw ganti cd room thirdnya pun gw ganti cd room.
abis itu gw save, langsung ga bisa dtekan DEl lagi untuk msuk biosnya . padahal gw mau balikin setingannya , malah ga bisa masuk bios..

tolong pencerahannya

kenapa ya notebook saya tidak bisa bisa di instal ulang...

ga bisa di instal ulang gmn gan ???

mas kompi saya prnah wktu itu sering ngerstart,trus lama2 mati gtu.power suplay ama kipas'a kgak nyala gtu.trus saya gnti power suplay mlah tetep kgak.rlng pncerahannya donk :(

mohon petunjuk saya baru belajar ngerakit, trus, mobo saya pake socket memory DDR3 terus saya coba dengan memasang memory DDR2. permasalahannya adalah: apakah motherboard tersebut bisa rusak( mati ) mohon petunjuk dan jawaban??? by Pelisir Lintas Waktu

weleh-weleh...ramai banget??pengaduan soal MOTHERBOARD??Ikutan ahhhh...
Saya ada Motherboard P4M890-M7 TE kalau tdk salah BIOSTAR??Kasusnya hampir sama dengan teman-teman semua yaitu Kalau power di hidupkan Kipas Berputar, Harddisk Hidup, semua hidup tidak ada bunyi Beep tapi di monitor tidak ada tampilannya dan di tekan tombol NUMLOCK tidak nyala??sudah saya ganti RAM tetap saja NIHIL hasilnya? Tolong Mohon pencerahan??SUWUN.

lumayan buat nambah-nambah pengalaman memperbaiki mainboard yang gak kerja,, thx banget infonya

salam kenal mas... kasus-kasus di atas sama seperti MOBO saya, kalau power dinyalakan semuanya hidup tapi tidak ada bunyi beep n monitor tidak nyala, ini pernah saya coba yaitu pertama-tama kalau kotor penuh debu ya dibersihkan dulu pakai kuas, trus mencopot semua kabel yang conect ke mobo (kabel power supply, procersor, RAM, batrai CMOS) itu saya diamkan kurang lebih 2 - 3 jam, trus saya pasang lagi. Dan hasilnya semua nyala n ada bunyi beep sekali, monitor juga nyala (berjalan normal lagi), tapi setelah saya pakai lama, trus saya shutdown normal. Besoknya saya nyalakan lagi, yaah kembali seperti semula. saya ulangi proses yang diatas sekali lagi dan hasilnya normal lagi. Tapi kalau ini dilakukan terus menerus, takutnya MOBO n procesor nya malah akan rusak total... Yach ini saling tukar pengalaman, semoga bermanfaat...

Facebook Roni Romadhon
roni.romadhon42@gmail.com

Salam kenal mas
spec komp saya:
-mainboard asus p5pe-vm
-pentium 4 3.00 Ghz
-ram 780 mb
-hdd maxtor (nggak tau seri apa) 86.0 gb
saya mau tanya nih, komp saya hidup tapi cuma sampe loading screen windows, abis tuh mati.pas dinyalain ulang, monitor nggak display apa pun, cpu nyala cuma 2-5 detik abis tuh mati dan terus-menerus begitu kalo dinyalain ( sampe kabel listriknya dicabut abis tuh pasang ulang ) dan kadang2 masuk bios terus harddisk didetect sebagai "Third IDE Master".

Tolong bantu mas, kasih tau apa masalah nya .

salam kenal ....
Mohon bantuannya saya ada masalah dengan mainboard yang mati namun saat soket atx12v 4 pin dari Power Suplay dicabut kemudian di on, kipas prosesornya bisa berputer. tapi saat soket atx12v 4 pin dipasang malah kipas prosesornya ngak berputer.
Mohon solusi
terima kasih

Cara Memperbaiki Motherboard Mati Total :

Periksa power supply: Dalam keadaan kabel power di lepas dari power supply, lepaskan socket kabel Atx1 yang terpasang pada Mainboard. Setelah terlepas, pasangkan kembali kabel power, sambungkan/shortkan kabel berwarna hijau dengan kabel berwarna hitam, periksa apakah kipas di power supply berputar? Kalau berputar berarti power supply bagus. Lepas kembali kabel sambungan tadi dan pasang kembali kabel Atx1 ke motherboard.
Periksa Jumper Clear CMOS, apakah di posisi Clear atau Free, biasanya kalau motherboard baru, posisi jumper CMOS ada pada posisi Clear.
Periksa IC Chipset dalam keadaan tersambung dan di Switch On, apakah panasnya berlebih atau tidak, over heat berarti Chipset tersebut sudah rusak. Untuk part IC CMOS sampai saat ini tidak dijual bebas.
Periksa juga apakah switch on nya berfungsi.
Bongkar Motherboard tersebut secara hati-hati, coba anda bersihkan pakai tiner, kalau bisa gunakan tiner botol jangan yang di kaleng. Setelah bersih anda keringkan.
Ganti IC regulator yang terletak disekitar soket Power Atx di motherboard.
Ganti Elko yang kapasitasnya 1000 s/d 3300 uf / 10 Volt yang terletak disekitar soket power Atx di motherboard. Hati-hati untuk bongkar pasang komponen pastikan kabel power jangan tersambung ke listrik.
sumber:http://lareboyolali.blogdetik.com

mantap gan infone ,ku lagi coba bonkar mobo amptron eeehhh trnyata gampang juga broooo ,

mantap gan infone ,ku lagi coba bonkar mobo amptron eeehhh trnyata gampang juga broooo ,http://dekiblogg.blogspot.com

gan...mw taya ni...
gini gan..
komputer ane tak instal kq g bisa y gan.
pdahal mobo, memori y normal..
n bias y dah tak seting firstboot y cd rom..
setelh copying windowns pda hdd. kan kompi y minta restart..
biasay low dah ngrestart kn lgsg nerusin proses y lgi gan.
low ini tidak gan. malah mulai dari awal trs gan..
n ane cb lagi paki os win7.
msih tetep sama gan...

gmn solusi y y gan..
maksh banyak....

mas mau tanya nih kom saya p4 2.8 ghz
bila di hidupkan mainbord hidup tapi hardisk dan cdroom mati
tapi bila kabel data di lepas hardisk dan cdroom hidup,,
bila kabel data di pasang lagi hardisk dan cdroom mati lagi,,
kira2 apa penyakitnya ya bos..........

MAS ARI SAYA MAU BELAJAR ONLINE MA AMAS ARI
rhaka_borneo@yahoo.co.id

Slm knl mas, q donni, mau tanya mas, saya punya laptop acer, masalahnya jk di hidupin dia tiba2 mati dan belum sempat tampil ke monitor....
pertama lampu powernya hidup kemudian setelah beberapa detik mati lg... gmn solusinya mas,, tolong di bantu ya???

Mau Tanya Nie, Kompie ane tiba tiba ngadat bunyi beep 2 kali cepet sama lanjutannya 8 kali beep. Ane cari mbah google katanya mungkin di VGA tapi ane test di kompie temen ternyata jalan tu VGA. Ane Pake Mobo Foxconn P43A-S sama Digital alliance Hd6850 1GB VGA. Lebih gilanya nie kompie kadang kalo ane iseng idupin sekali kali langsung jalan tanpa masalah, begitu ane coba restart jadi beeping lagi.. gimana ni boss, Tolongin bantu ya..

gan ane 5u tnya ni, MB ane misalkan pas dpsang low dclokin k listrik lngsng nyla dan g ad tampilan ap pun, ap lg booting.
ni bkn mslh pd tmbol case, proc.
kira" MB na knpa, dan cra ngatasinnnya gmn....?

rusak.,.motherboard.,.,waduh puyeng decgh

mas kom punya saya restart" sendiri,,,
awal nya sih saya cuma bersih perngkat dalam,, eeh kok malah restart sendri smpe skrng...
terus saya coba bwa ke toko kom kata nya kna di mother board,,,
apa kah benar mas???
tolong mAS Usul nya,,,

Maaf Mas, saya memiliki motherboars asus yang bagus, lagi bekerja dgn enNAKNYA TIBA2 MATI dan hidup lagi..mucul di bios katanya chasis error. setiap mau masuk ke windows harus ove chasis ke free dan sterusnya...pusing..sekarang motherboarnya aku keuarkan aja. Beli baru asus juga tapi tiba-tiba mati, restart lagi ga muncul di layar. semua componen bagus, seperti memory, hardisk power supply...ga tahu kenapa..power supply aku pake 400 watt...tapo tak tahu kenapa semua moterboard rusak. tolong resolusinya mas.....????

Candi.loko, Kalau itu penyakitnya tombol powernya ngga kembali alias nempel terus. cabut soket tombol power, sentuhkan kaki soket yg ke tombol power dengan obeng pasti nyala tuh komputer ngga restsrt lg

mas ari, saya mau tanya nih? motherboard saya (P4 socket 478 slot RAM DDR) nyala sendiri (sebelum ditekan powernya sudah nyala, bersamaan dengan pas saya colokan ke listrik dan tidak bisa dimatikan, harus cabut colokan yang ke listriknya lagi) dan layar monitor blank (bios pun tidak bisa tampil) serta tidak ada bunyi bip.
Saya sudah coba gonta-ganti cpu, ram, vga, psu dan clear cmos, tetap saja begitu. mohon pencerahannya? mohon di poskan ke (sahab_ltief@yahoo.com) terima kasih atas bantuannya) Sahabudin MATARAM

Mas saya mau nanya, komputer saya tidak bisa nyala setelah saya bersihkan. Saat memebrsihkan :
1. saya copot semua kabel, kipas, processor, ram, dan yg lainnya.
2. Lalu saya bersihkan kipasnya, dan motherboard serta yg lainnya seperti processor, ram, dan komponen lain.
setelah selesai saya pasang lagi. tiba-tiba ada masalah yaitu :
1. saat saya menekan tombol power, power suply dan kipas nyala, setelah 15detik power suply mati.
2. setelah saya cabut kabel dari power suply yg menuju motherboard yg ada 4pin ( berwarna putih dengan 4pin ), power suply nyala terus namun tetap tidak tampil di monitor.
3. Kipas juga saya rasa menjadi lemah.

Kalau menurut analisa saya masalah ada pada :
1. Power suply
2. Motherboard
3. Processor
4. Kipas

Mohon bantuannya mas ... Terimakasih

Jawaban bisa dikirim lewat facebook ( Adii nugroho fiverz ) dan bisa langsung disini mas

tanya, mb ku biostar g31. waktu booting keyboard ps2/usb tak berfungsi ditekan del/F2 tak bisa sehingga tidak bisa instal windows. kalau pakai hardisk yg ada windowsnya bisa jalan, keyboard usb bisa/normal tapi keyboard ps2 tak bisa bagaimana solusinya?

tanya mas mobo ane jetway 775GT2-SLI gak mau idup ram normal CPU normal HDD normal VGA normal LCD normal PSU juga,,
dibetulin isa gak,,??

Salam, Mas Bro...
Kalau mobo saya asus pk5pkl/1600 tidak mau muncul di display. PSU udah dganti masih ga mau. Power masuk ke mobo, power led semua normal termasuk yng di mobo. Kalau ditekan terus tombol powernya, matinya juga normal. Tapi... Jaaaannnn... mobo baru je... kok ya ga mau nyala?? Minta bantu pencerahannya dong, mas Ari.... Makasih banyak... Mohon info balasannya ke chat blog saya : pupung@com (googling) pupung86@.blogspot.com

Nerusin mas.... procesor, vga, ram, bateray cmos... OK Kata temen mobo asus memang sering begitu, minta di reset... Sepengetahuan saya reset itu untuk cmos, udah saya reset... tetap ga mau juga. No beat sound, no any think lah... Makasih banyak sebelumnya...

Mas ari mo nanya dung,klo memperbaiki slot vga yg rsk gmn y?
Slot vga ku g keditek d minitor,tulisan d monitor no signal. Pdhl slot vga nya ud aku bersihin pake tener,tp d monitor msh aja no signal.
MOHON BANTUANNYA MAS.thx

saya sangat bigung mas dengan kompi aku ASUS PSGC-MX revisi 3.02g, vga onboard, ram ddr2, dia kalo nyala bentar, paling cuman kuan 3 menit, gga mati si cuman di monitor blank ga ada tampilan sama sekali, saya sudah ganti ram (pinjem ma temen)hehe..... pake vga external, masih aja kaya gitu, udah ganti cmos, lama-lama kesel mas, tolong pencerahannya, dan berhubung saya jarang online, kalo gga keberatan tolong ya sms aja ke no saya... 083818440060 terimakasih.......

Bagus nih artikel, kebetulan motherboard ku lagi bermasalah, mau langsung tek coba saja, makasih gan ilmunya

mas,saya pengen nanya,...
pc saya di hidupin mau...
tapi stetelah masuk k sistem operasi pas udah keluar windows ny dia restar sendiri...
setelah saya cek dan dibersihan sama aja mas, g' da da peubahan tetap aj g' mau hidup...
di instal pun juga g' mau...pasa di instal kluar blue screen..yg ktanya hardisk corrup ...
tapi chipset sangat panas sekali mas...?
gmana tu solusinya....?
di tunggu blasannya mas...
tank's

gan mainboad saya slot ddr nya tiba" eror. saya pake ddr2 1gb 2 keping jd 2 gb. skrg dah ga mau di pasang 2 keping. klo 1 keping 1gb bs. gejalanya pas udh loading windows xp lgsg blank item bootingnya ga ngangkat. klo pke 1 ddr bs. pdhl ddrnya 1 merk pcnya sama. dan gada yg eror. mohon solusinya buat mengatasi slot ddr nya biar bs pake 2 keping lg. mksh sblmnya ya

maaaaaas mau tanya nih,,,, gimana cara mengetahui letak switch on IC pada motherboard jika kita tidak mempunyai buku panduannya

maaf gan, mau nanya.. kenapa ya, setiap ane masukin kabel power supply ke hardisk, semua komponen cpu mati total?? thx sebelumnya..

Terima kasih atas artikelnya.
o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.



#Semoga sehat selalu :D

askum...mo tanya neh ya... kompi saya mobo a bit ax 78 ... pas dinyal ain g tampak di monitor dan keybord ga bisa...baiasanya tertera di display mobo nya FF trus skrg C1...permasalahannya apa ya ..mohon bantuannya.... makasih...

mas mo nanya, kompiku pd saat di on kan fan power suply dan fan processor tdk bergerak, tp kalo kabel power yg dekat processor dicabut fan power dan fan processor berputar kondisi kabel power ok, power suplay jg ok. mohon pencerahannya......

mau tanya kerusakan cmos error tapi keyboard tidak aktif ?

gan ini laptop saya gejala hampir sama
pas baru nyala cuma muncul logo toshiba abis itu gelap
dan lampu processorna mati cuman nyala lampu power ama baterei
help gan
email : albel_wicked1@yahoo.co.id

ass.aku mo nanya dua masalah mainboardku.yang pertama mainboardku itu masih ok.tapi nggak pernah di pake alias di simpan.setelah enam bulan kemudian aku rakit dan di aktifin kembali eh,kok nggak nyala sama skali.udah beli vga card baru,memori baru,power suply baru tapi tetep aja nggak nyala.udah ganti casing juga tetap ngga hidup.(ngga ada tanda-tanda kehidupan).coz pass di hidupin ngga masuk strumnya.

trus moterboad yg kedua semua aktif cuma ngga ada tampilan ke monitor.kasusnya sama dengan di atas cuma kalo yg ini sih motherboardnya nyala tapi ngga ada tampilan.untuk vga,memori,powersupply sampe prosesor udah di periksa semua kalau di pakai di komputer lain masih bagus alias normal.mohon bantuannya.........

teman...aku minta bantuannya nih,
tahu ga masalahnya apa,,saat aku nyalaiin ada suara beep 3 kali,,,,,,,,,,jad ga hidup,,,,,,,

gan kalo saya lampu untuk pencetan resethijau nya nggak mau nyala hijau nya merah terus nggak mau nyala tologn di share tutorial nya gimana agar bisa hidup dan saya bisa main lagi cuman itu masalah nya
tolong yah gan plis penting bener tutorial nya

mas bro..saya mau tanya nech..
MB saya kok g bisa direstart knp ya????
jdi klo merestart harus tekan tombol power lama sampe mati gt....thnk be4

mo nanya ni om, saya punya mainboard DUAL DDR3 G41T-M16, ada 3 bh rusaknya sama, kalo dihidpkan ga mau baca bios, prosesor ada respon (panas), ga ada beep sama sekali, prosesor/ram/ps di tes ke mainboard lain bagus, apanya ya om yg rusak?

Mas punya saya Asus Crosshair V Formula Z kok gak ada Jumper Clear CMOS nya ya? Punya saya tiap kali masuk ke bios selalu macet. Jadi gak bisa masuk ke windows'nya. mohon bantuan'nya.

saya punya pc zyrex tactical dengan mobo ipm31, hanya nyala sekejap, langsung mati.apa ya kerusakannya. mohon bantuannya.

mas saya punya mother board next star g31-m7 te...
pas saya hidupkan muncul peringatan pada tampilan bios...
cmos settings wrong...
tanggal ga valid katanya...

setau saya masalah kaya gitu bisa diselesaikan dengan reset bios, ato ganti batere cmos...
saya udah mereset bios saya, clear bios dengan cara ganti posisi jumper..
saya udah ganti batere cmos dengan batere cmos yang masih baru dari komputer lain...

tapi masalah saya belum teratasi...
prosesor detect...
harddisk detect...
keyboard and mouse detect... (tapi ga bisa tekan tombol apa2)
the only problem is cmos settings wrong...

tolong berikan pencerahannya

gan,ane mau nanya.mainboard ane ecs a740gm-m.slot ram ny kan ada 2,tapi klo dipasang dua2 ny gambar ga tampil(klo pake 1 ram bisa tampil)ram ny di cek ke kompi laen,sehat wal afiat.trims

Terima Service komputer u/ wilayah Tasikmalaya & skitarnya...
Sekedar Konsul, bisa Add fb saya, sbelum / sesudah add, harap PM...

Nie fb saya https://www.facebook.com/mirfaq20

Thanks...

gan,
port cpu bagian belakang mati gan..
port usb dan ps2 nya ..tapi port vga masih bagus ...
ada solusi nya gan?
thanks gan.

lampu indikator Hard Disk saya nyala tanpa berkedip (klo di pasang ATA) tapi klo dipasaang SATA, gak nyala sama sekali, ada pencerahan?

mohon maaf mau tanya...

ini kenapa ya pc saya.. waktu kabel power saya tancapkan kog langsung berputar kipasnya padahal belum ditekan on nya,..trus tidak keluar tampilanya!! mungkin bapak bisa membantu terimakasih

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 257   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Jika ada penulisan yang salah atau kata kata yang menyinggung di situs ini, saya ARI sebagai pemilik sekaligus pengelola BLOG memohon maaf yang sebesar²nya, semua tulisan hanyalah opini yang muncul secara spontan menanggapi kejadian yang ada disekitar kita.

Semua artikel dan atau tulisan yang ada disitus ini boleh dicopy dan atau diperbanyak dengan syarat mencantumkan asal/sumbernya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More